Home » Uncategorized » Fungsi dan Jenis-jenis makanan bagi manusia

Fungsi dan Jenis-jenis makanan bagi manusia

Fungsi makanan bagi manusia antara lain menghsilkan energi, mengganti sel-sel yang rusak dan membentuk sel-sel yang baru untuk pertumbuhan, sebagai zat pelarut, sebagai zat pelindung tubuh, dan sebagai zat pengatur. Kebutuhan gizi setiap orang tidak sama karena pengaruh beberapa faktor meliputi usia, kegiatan (pekerjaan), jenis kelamin, berat badan, dan kondisi tubuh.

           Jenis-jenis makanan berdasarkan kandungan zat di dalamnya. Ada beberapa zat yang terkandung dalam makanan yang dimakan setiap harinya diantaranya sebagai berikut:

Karbohidrat

Makanan Mengandung Karbohidrat

Makanan Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat tersusun atas atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dengan kompleksitas yang berbeda-beda. Karbohidrat merupakan sumber energi yang diperlukan untuk tumbuh, bergerak, mempertahankan suhu tubuh dan berkembangbiak.

Protein

Protein merupakan zat makanan yang mengandung unsur C, H, O, N. protein mempunyai fungsi utama sebagai pembangun tubuh dan pengganti sel-sel yang rusak dengan pembentukan sel-sel yang baru.

Makanan Sumber Protein

Makanan Sumber Protein

vegi-protein

Lemak

Lemak merupakan zat yang mengandung unsur C, H, O. lemak memiliki fungsi yaitu sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K. penghasil energi setelah karbohidrat, melindungi tubuh dari gesekan dan benturan serta suhu yang ekstrim, sebagai cadangan makanan.

Makanan Sumber Lemak

Makanan Sumber Lemak

Garam mineral

Garam mineral merupakan zat kimia yang terdapat di dalam bahan makanan dan bagian kecil dari zat makanan. Fungsinya yaitu sebagai zat pembangun dan zat pengatur. Beberapa contoh garam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya yaitu: Kalsium (Ca), Fosfor (P), Natrium (Na), Kalium (K), Klor (Cl), zat besi (Fe), Iodium (I), dan Flourin (F).

Vitamin

Sumber Vitamin C

Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, kecuali vitamin D yang dibentuk di dalam kulit saat terkena sinar matahari. Fungsi vitamin ada banyak tergantung dari vitamin jenis apa, misalnya: Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Vitamin C berfungsi untuk pembentukan dan pemeliharaan zat perekat yang menghubungkan sel-sel dengan sel dari berbagai jaringan. Vitamin D berfungsi untuk mengatur fosfor dalam darah dan kadar zat kapur, mengatur metabolisme garam dapur, dan mengatur pembentukan fosfor yang dipakai untuk mengeraskan tulang. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sumber Vitamin C

Sumber Vitamin C

 

Air

Air merupakan komponen utama dan terbesar dalam tubuh manusia karena kira-kira 60% berat tubuh dari manusia adalah air. Air berfungsi sebagai bahan utama pelarut zat makanan termasuk vitamin B dan C, mempercepat reaksi kimiawi tubuh, bahan pengangkut zat sisa pembakaran yang tidak terpakai dan berbagai substansi di dalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur panas tubuh.


About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s